Kepiting Kenari

Kepiting ini ditemukan hampir di semua perairan Malut, terutama di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

"Kepiting kenari rebus merupakan salah satu makanan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Ternate, karena makanan khas Malut ini memiliki cita rasa yang sangat lezat," kata pengusaha rumah makan di Ternate, Kadir di Ternate, hari ini.

Kepiting kenari adalah satu satu jenis kepiting khas di Malut, yang memiliki cita rasa lebih lezat jika dibandingkan dengan jenis kepiting lainnya. Menurut Kadir, meski ia menjual kepiting kenari rebus dengan harga agak mahal, wisatawan tidak memperdulikannya karena menurut mereka harga yang mahal itu sebanding dengan cita rasanya yang lezat.

Menurut dia, penangkaran kepiting kenari tersebut tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, karena kepiting ini hanya bisa berkembang biak pada vegitasi tertentu. Tempat yang layak untuk dilakukan penangkaran kepiting kenari yakni pantai berbatu dan di sekitarnya harus ada tanaman kelapa sebagai bahan makanan utama kepiting kenari.

Kepiting kenari membutuhkan itu karena celah-celah batu menjadi tempat bersembunyi pada siang hari, sedangkan buah kelapa merupakan sumber makanannya utamanya. Thamrin mengatakan, kepiting kenari saat ini telah menjadi salah satu bahan kuliner khas Ternate dan setiap wisatawan yang berkunjung ke daerah ini pasti mencari kuliner itu.