Ikan bakar Colo-Colo

JANGAN heran dengan sajian makanan yang besar jika Anda tengah berlibur ke Pulau Ambon. Salah satu sajian yang besar tersebut adalah Ikan Bakar Colo-Colo

Ikan bakar colo-colo menggunakan bahan makanan utama dari ikan lema, jenis ikan ini tergolong ikan kembung dengan ukuran yang cukup besar, sehingga rasa lapar Anda dijamin akan terpuaskan.

Sebenarnya, guna menemukan ikan bakar colo-colo ini bisa dijumpai hampir di seluruh kawasan Kota Ambon. Bila, ingin merasakan kenikmatan olahan ikan ini maka bisa menyambangi RM. Sari Murni Blitar di Jalan Raya Trans Paso, Ambon.

Sebelum dibakar, ikannya terlebih dahulu dibersihkan lalu direndam dengan memakai bumbu-bumbu khas Ambon, yakni bawang putih, lada, cuka sedikit saja dan kecap. Biarkan ikan terendam dengan bumbu selama setengah jam.

Bila sudah merendam ikan dengan bumbunya, barulah ikan dibakar. Saat pembakarannya, ikan tak usah diberi mentega atau kecap karena akan merubah rasa aslinya. Apalagi, karakter rasa ikan lema memiliki kadar manis. Proses pembakarannya cukup lakukan 25 menit saja.

Sembari menunggu ikan matang, maka Anda bisa menyiapkan bumbu colo-colonya. Dimana, campurkan semua bahan yakni tomat, kemangi, cabai, garam, lemon cina, bawang merah, gula, kecap dan beri sedikit air. Aduk hingga merata. Pemakaian lemon cina adalah guna menimbulkan rasa asam, otomatis semua rasa yang ada di dalamnya bisa dinetralisir oleh lemon cina. Asam yang dihasilkan memiliki kadar yang tinggi.

Untuk menunggu ikan matang tak terlalu lama, sekira 30 menit ikan bakar colo-colonya pun tiba dihadapan saya. Aroma ikan bakar yang wangi sangat mengguncang perut, belum lagi sambal colo-colonya.

Ketika disantap...ajib rasanya, ikan Indonesia Timur memang juara. Aroma manis yang berpadu dengan bumbu rendamannya seakan tak ingin berhenti mengunyahnya. Terlebih, daging ikannya yang cukup tebal mampu memuaskan rasa lapar.