Gunung Dua Sudara

Saat Anda tiba di Kota Bitung, Sulawesi Utara, sambutan hangat langsung diberikan oleh sebuah gunung cantik yang memiliki puncak kembar. Gunung Dua Sudara sebutannya, ini merupakan gunung non aktif di sebelah timur Gunung Klabat. Letaknya di Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir, sekira 12 kilometer dari pusat Kota Bitung dan bertatapan langsung dengan Cagar Alam Tangkoko Batuangus.

Dua puncak Gunung Dua Sudara menciptakan lansekap yang khas saat diabadikan ke dalam kamera, keduanya terlihat jelas dari pesisir Selat Lembeh. Meskipun rupanya sangat mengesankan, masih jarang pendaki yang ingin menaklukan gunung setinggi 1.351 m dpl ini.

Lereng kaki Gunung Dua Sudara dipenuhi oleh pohon enau yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Bitung. Ini dilakukan dengan tujuan kelestarian lingkungan karena menurut Teori Wallace, Tangkoko dan Gunung Dua Sudara merupakan wilayah yang dilewati hembusan angin panas dari selatan ke utara. Jika tidak ada pembebanan, angin akan menghantam langsung Kutub Utara sehingga es akan mencair.

Selain itu, komoditi hasil perkebunan warga seperti jagung, ubi, kelapa dan pisang juga menghiasi kaki gunung ini. Selebihnya adalah kepungan pohon rotan, beringin, hutan jati dan ilalang yang ditinggali oleh hewan endemik Sulawesi seperti kuskus, tarsius dan burung maleo.